Selasa, 10 Mei 2011

The Scary Cancer


Kangker bukan merupakan hal baru dalam ilmu kedokteran. Bahkan sejak zaman Yunani kuno (460 tahun sebelum masehi), bapak kedokteran kita, Hipporcrates, udah memberi nama carsinos (bahasa Yunaninya kepiting) untuk jenis tumor ganas yang bisa membunuh ini. Lalu kenapa kangker baru semakin banyak menyerang manusia di zaman moderen ini? Apa yang merangsang pertumbuhannya dan kenapa belum ada obatnya?


What’s Cancer?
            Kangker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan dan penyebaran sel yang nggak normal. Dalam pertumbuhan dan penyebarannya itu, sel kangker bersifat menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh yang berdekatan dengannya. Keganasan sel kangker ini bisa disebabkan oleh faktor keturunan dan carsinogen. Carsinogen adalah zat yang mampu merusak DNA di dalam sel. Contoh-contoh carsinogen adalah: asap rokok, berbagai zat beracun dari pembuangan industri, bahan kimia, sinar radiasi ultraviolet, virus hepatitis B, dll. Carsinogen juga bisa dihasilkan dari proses pengolahan makanan dengan temperatur tinggi, contohnya dari deep-fried french fries dan proses pe-manggangan-an makanan yang menggunakan arang.


How It Grows?
            Saat carsinogen mengubah susunan DNA dalam sel, sel tersebut jadi punya karakter sendiri. Dia jadi berkembang secara hiperaktif dan mampu metastasis (kemampuan untuk berpindah dari organ yang satu ke organ yang lain lewat saluran darah atau saluran getah bening.). lebih seremnya lagi, sel yang bermutasi ini juga punya oerlindungan khusus terhadap Apoptosis (proses ‘bunuh diri’ sel manusia yang terjadi secara bormal setiap harinya untuk digantikan dengan sel baru). Ditambah lagi, dengan sifatnya yang menyerang, sel kangker dapat menembus jaringan dan berkembang biak di jaringan yang baru. That’s why, sel kangker dapat menyebarr dengan cepat dan merusak.


Bagaimana Menyembuhkannya
            Sampai saat ini, obat untuk menyembuhkan kangker memang masih belum ditemukan. Ini dikarenakan ada lebih dari 200 jenis kangker yang perlu dicari obatnya. Penelitian kangker juga memerlukan sangat banyak biaya dan eksperimen.
            Walaupun begitu, kangker bukan nggak bisa disembuhkan. Dia nggak selalu ‘menang’ melawan tubuh manusia dan udah banyak cancer survivor yang hidup sampai sekarang. Jika ditemukan dan ditangani sejak dini, ditambah keyakinan kuat dari pasien bahwa dia bisa sembuh, tiga metode utama penyembuh kangker dibawah ini, tebukti bisa berhasil:

a       OPERASI
  Mengangkat jaringan tubuh yang terinfeksi sel kangker, bisa sukses dilakukan pada kangker stadium awal. Pada saat ini, sel belum menjalar dan belum bikin saluran darah sendiri. Maka itu penting banget mendekteksi 
kangker sedini mungkin


 TERAPI RADIASI
  Dengan menggunakan radiasi sinar X, sel kangker dapat dirusak. Prosses ini juga akan merusak sel lain disekitarnya yang nggak terkena kangker, tapi tubuh bisa langsung ‘mereparasi’nya dan tetap berfungsi normal.


   KEMOTERAPI
  Kemoterapi dilakukan dengan memberikan obat anti-kangker ke dalam tubuh. Obat ini berfungsi membunuh sel apapun yang berkembang cepat. Selain kangker, sel rambut juga punya karakteristik tersebut, maka itu kerontokkan rambut adalah salah satu efek dari kemoterapi. Cara ini lebih efektif karena nggak Cuma menangani satu spot dalam tubuh saja, melainkan menyeluruh.
Selain ketiga metode tadi, masih ada targeted therapy, Immunotherapy, Hormonal Therapy, dll. Khusus buat cewek, sekarang udah ada vaksin untuk mencegah carvical cancer (kangker leher rahim) lho! Vaksin ini telah di approve oleh food and drug administration Amerika, dan dianjurkan untuk cewek umur 9 – 26 tahun.
Para scientist juga lagi mengembangkan penelitian untuk membuat virus ganas yang Cuma akan membunuh sel kangker. Kita doakan semoga berhasil yaa J

(sumber: majalah gogril!)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...